Upacara Bendera dan Pertunjukan Budaya Meriahkan HUT ke-78 RI di KBRI Manila

Berita67 Dilihat

Manila: Memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, KBRI Manila menyelenggarakan serangkaian acara meriah yang dimulai dengan upacara bendera di halaman kantor kedutaan pada Kamis, 17 Agustus 2023, pukul 09.30 waktu setempat. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 350 peserta, termasuk home staff, staf lokal, DWP KBRI Manila, dan masyarakat Indonesia di Filipina.
 
Dalam upacara tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Agus Widjojo, bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang didampingi oleh Kolonel Arh Wahyu Akhadi sebagai Komandan Upacara.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Jumat, 18 Agustus 2023, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KBRI Manila, yang terdiri dari enam orang, mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan penuh keanggunan, sementara Paduan Suara dari komunitas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesiapan Paskibra dan Paduan Suara ini adalah hasil dari latihan intensif yang dimulai sejak awal Juli 2023.
 
Dalam amanatnya, Dubes Agus Widjojo mengungkapkan rasa syukur atas keteguhan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan global, termasuk dampak pelemahan ekonomi dan pandemi Covid-19. Indonesia, yang berusia 78 tahun, telah menunjukkan peran pentingnya di dunia melalui kepemimpinan dalam kerja sama politik, ekonomi, dan sosial-budaya, termasuk peran sebagai Presiden G20 pada tahun 2022 dan Ketua ASEAN pada tahun 2023.
 
Dalam semangat perjuangan yang tak pernah padam, Dubes Agus Widjojo mengajak seluruh diaspora Indonesia di Filipina dan seluruh elemen bangsa untuk terus bersatu dan membangun masa depan yang lebih cerah.
 
Setelah upacara bendera, KBRI Manila melanjutkan perayaan dengan acara syukuran yang diselenggarakan di Ruang Nusantara. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan budaya, termasuk tarian tradisional seperti Tari Padang Ulan, Tari Topeng Cirebon, dan Tari Mojang Priangan.
 
Musik Indonesia juga turut meramaikan acara ini, dengan penampilan dari Indokustik Band dan Paduan Suara. Tidak ketinggalan, alat musik Sasando memberikan hiburan yang unik.
 
Rangkaian perayaan HUT ke-78 RI di KBRI Manila ditutup dengan acara ramah tamah dan makan siang, yang mencerminkan semangat kebersamaan dan kegembiraan.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WIL)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Kendalikan Pencemaran Udara, KLHK Uji Emisi 200 Kendaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *