Tim PPK Ormawa Komadiksi Smart Gelar Sosialisasi Kewirausahan di Desa Ngargoyoso, Karanganyar

JurnalPost.com – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi (PPKO) Komadiksi Smart mengadakan kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan di Desa Ngargoyoso, Karanganyar. Sosialisasi ini mengusung tema “Membangun Masyarakat dalam jiwa kewirausahaan yang berkarakter, kompetitif, dan inovatif di era digital”. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Ngargoyosoi Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (16/9/2023) dengan peserta sosialisasi dari Sekretaris Desa Ngargoyoso, Kelompok Wanita Tani (KWT) Candrawati Mandiri, Kelompok Tani Sido Subur, perwakilan tiap dusun seperti Tlobo, Guntur, Melikan, Surodadi, Ngargoyoso serta UMKM yaitu Kue dan snack (Sidorejo 2), Keripik pisang (Sengon Rejo), Pangsit goreng, krupuk (Cale), Keripik Singkong (Kembang Gedhe), dan Keripik Debog (Karangbangun).

Pelaksanaan sosialisasi ini fokus pada bagaimana cara menciptakan jiwa pada masyarakat dalam kewirausahaan yang berkarakter, kompetitif, dan inovatif di era digital. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Yuniawan Hidayat, S.Si. M.Si, beliau merupakan Ketua Unit Riset dan Pengemb Kwu PPKwu LPPM UNS sebagai pembicara materi kewirausahaan. Setelah penyampaian materi kewirausahaan, dilanjutkan sesi tanya jawab dari peserta bersama dengan pembicara kewirausahaan.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Candrawati Mandiri, Kelompok Tani Sido Subur, perwakilan masyarakat tiap dusun dan UMKM agar mereka memiliki jiwa kewirausahaan baik berkarakter, kompetitif dan inovatif di era digital sesuai tema yang kami angkat dengan harapan mereka dapat menjadi pengusaha berjenjang luas dan dikenal banyak oleh masyarakat. Lebih lanjut, sosialisasi ini juga memberikan bekal mengenai pemasaran di era digital dan bagaimana cara melakukan legalitas suatu usaha” ujar Riyan Bagas Dwi Prasetyo selaku Ketua Tim PPK Ormawa Komadiksi Smart.

Adapun manfaat dari sosialisasi ini peserta dapat menawarkan usahanya dan berkonsultasi secara langsung kepada bapak Dr. Yuniawan Hidayat, S.Si. M.Si selaku pembicara terkait masalah yang sering dialami pada perintisan usahanya dan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan ketika akan melakukan pemasaran di era digital seperti instagram, tiktok dan platrom lainnya.

Baca Juga  Leadership and Managerial Development for School Leader Upaya Menciptakan Pimpinan Profesional di Lembaga Pendidikan

“Harapan kami, selepas kegiatan sosialisasi ini baik Kelompok Wanita Tani (KWT) Candrawati Mandiri, Kelompok Tani Sido Subur, perwakilan tiap dusun dan UMKM memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dilihat dari kompetitif dan inovatif dalam perintisan dan perizinan dalam melegalitaskan hak cipta dari usahanya. Selain itu, kami juga berharap dengan adanya sosialisasi ini pemasaran di era digital, Kelompok Wanita Tani (KWT) Candrawati Mandiri dan Kelompok Tani Sido Subur dapat mengimplementasikannya sehingga penjualan tepung mocaf dan mie mocaf dapat meningkat,”

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *