Sosialisasai Tim Pengabdian Masyarakat Universitas BSI Terkait Pentingnya Internet Of Things (IOT) Bagi Anggota Pokja Kelurahan Sukasari-Tangerang

JurnalPost.com – Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan singkatan IoT, bukanlah sebuah nama perangkat tertentu atau nama aplikasi tertentu. Internet of Things merupakan bagian dari teknologi internet, dimana objek-objek atau kumpulan perangkat saling terhubung untuk dapat bertukar data dan informasi melalui internet tanpa adanya interaksi antara manusia dengan mesin atau manusia dengan computer. Internet of Things merupakan suatu konsep teknologi yang menghubungkan semua perangkat ke jaringan internet.

Internet of Things memiliki keunggulan dapat mempermudah pekerjaan, serta dapat membantu dalam pengumpulan dan pengolahan data di bebagai bidang kehidupan, misal dibidang pertanian, kesehatan, pendidikan, lingkungan , tranportasi dan rumah tangga. Terkait dengan hal tersebut, maka Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika melaksanakan penyuluhan terkait pentingnya IOT tersebut kepada semua anggota Pokja Kelurahan Sukasari.di Kelurahan Sukasari Kota Tangerang, Jalan MT. Haryono No.23, RT.004/RW.002, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, pada Sabtu , 9 Maret 2024, sejak pukul 08.30-12.00 WIB., dengan harapan agar peserta dapat memanfaatkan IOT tersebut misalnya dalam memonitoring ligkungan, pemantauan cuaca, pegolahan sampah, maupun pengawasan kualitas air.

Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Bpk. Usran Mahasere sebagai Ketua , Bpk. Seno Sudarmono Hadi, Bpk. Syukron Sazly, Bpk. Yandri Ahmad Rifandi sebagai Anggota Tim Tutor ini juga melibatkan beberapa mahasiswa antara lain ; Ninik Affiliea, Femmy Widiyanti, Esteria Silalahi dan Awaliayah M. Rizki, agar mereka memiliki pengalaman dalam mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapatkan di kampus kepada masyarakat sekitar. Kegiatan dengan tema : “ PENTINGNYA INTERNET OF THINGS DALAM MEMUDAHKAN PEKERJAAN PADA PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (PSM) “ dibuka oleh Bpk Harun Al- Rasyid sebagai MC, doa pembukaan oleh Bpk. Fahlepi dan sambutan perwakilan dari Universitas Bina Sarana Informatika, Bpk Usran Mahasere, dilanjutkan dengan sambutan Ibu Ramandhita, IS, S.IP. MSi sebagai Ketua Mitra Instansi dan dilanjutkan pemaparan materi oleh tim Tutor Kegiatan PM FEB-UBSI ini.

Baca Juga  Perkembangan Public Relations di Era Digital

Kegiatan berlangsung dengan meriah, penuh antusias dari semua peserta yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari peserta kepada pemateri. Hal tersebut karena para peserta sadar bahwa teknologi digital khusu nya Internet Of Things ( IOT) akan sangat membantu mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari , selain memunculkankan peluang-peluang baru buat mereka.

Secara Umum beberapa pertanyaan juga masuk adalah terkait kita-kiat memanfaatkan Internet Of Things ( IOT) secara efektif dan efisien , selain juga bagaimana mengantisipasi sekaligus permasalahan yang muncul akibat semakin merebaknya peggunaan Internet Of Things ( IOT) tersebut. Setelah berbagai pertanyaan tersebut dijawab, acara dilanjutkan pemberian hadiah bagi beberapa penanya , juga cendera untuk peserta dan tuan rumah acara, lalu ditutup dengan berfoto bersama sebagai dokumentasi kerjasama kedua belah pihak.(Syukron Sazly)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *