Melalui Pelatihan K3, PPSDM Migas Siapkan Tenaga Kerja Migas yang Handal dan Profesional

JurnalPost.com – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan pondasi krusial pada sebuah industri, terutama pada industri minyak dan gas bumi. K3 berperan penting dalam melindungi keselamatan dan kesehatan seluruh pekerja industri migas. Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) melaksanakan pelatihan K3 Tingkat Operator untuk tenaga kerja industri migas dari tanggal 12 – 15 Februari 2024.

Vira Dwi Cahyani, sebagai salah satu instruktur yang memberikan materi First Aid K3 pada pelatihan ini menjelaskan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja perlu untuk diperhatikan, dipahami, dan diterapkan di industri migas.

“Salah satu aspek K3 yang harus diperhatikan, dipahami, dan diterapkan betul adalah pengetahuan tentang First Aid. Seperti yang kita tahu, industri kita yaitu migas memiliki resiko kecelakaan yang sangat tinggi dan dapat terjadi kapanpun. Oleh karena itu, kita sebagai pekerja industri migas, perlu memahami betul resiko kecelakaan dan cara penanganannya. Sehingga, pembelajaran First Aid penting diketahui untuk memberikan pertolongan pertama secara langsung pada seseorang yang mengalami kecelakaan, cidera, atau yang tiba-tiba mengalami sakit,” terangnya ketika mememberikan materi di kelas.

Tidak hanya materi tentang First Aid, peserta pelatihan juga mendapatkan materi tentang Peraturan dan Perundangan K3 di Indonesia, dasar-dasar K3, alat pelindung diri, dan lain sebagainya, dengan pengampu materi yang menguasai bidang masing-masing.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta tentang pentingnya K3, serta membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk kesehatan dan keselamatan kerja.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pelajari Aspek Teknologi, PPSDM Migas Gelar Webinar “Penerapan Internet of Things di Industri Migas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *