Megawati Hangestri Sosok Inspiratif yang Meraih Pengakuan Luar Biasa dari Masyarakat Korea Selatan

Ditulis oleh: Siti Nur Hikmah, Mahasiswi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB

JurnalPost.com – Megawati Hangestri adalah seorang pemain voli yang berasal dari Jember, Jawa Timur dengan kelahiran 20 Sepetember 1999. Perempuan yang memiliki tinggi badan 185 cm ini turut membela Tim Nasional atau Timnas Voli Indonesia dengan nomor punggung tiga. Menurut berbagai sumber, Megawati Hangestri ini memulai perjalanannya sebagai atlet voli sejak berusia 14 tahun. Karir professional volinya dimulai dengan bergabung ke klub Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Pada tahun yang sama juga, perempuan lulusan S1 Manajemen di Universitas Kahuripan Kediri ini pindah ke Jakarta dan bergabung dengan Tim Jakarta Pertamina Fastron.

Dilihat dalam rekam jejaknya, Megawati ini termasuk kedalam atlet voli yang sering berpindah-pindah tim. Meskipun begitu, Megawati dapat membuktikan bahwa ia mampu menggendong sejumlah penghargaan. Sebelum seramai sekarang, Megawati memiliki beberapa penghargaan. Pada tahun 2023 ia membawa penghargaan Pemenang Mendali Perunggu di Souteast Asia Games (SEA Games). Sedangkan tahun 2022 ia membawa tiga penghargaan sekaligus, yaitu Pemenang MVP Livoli Divisi Utama, Pemenang Best Opposite ASEAN Grand Prix, Pemenang Best Server Proliga. Awal penghargaan besar yang Megawati peroleh terjadi pada tahun 2021 yaitu Pemenang Best Scorer Asian Olimpyc Qualification dan pada tahun 2019 Pemenang Best Server ASEAN Grand Prix.

Megawati Hangestri

Megawati Hangestri akhir-akhir ini viral karena berhasil menggendong tim yang sekarang ia tempati, yaitu Red Sparks. Red sparks sendiri adalah salah satu club voli dari Korea Selatan. Sebelum berada dalam tim voli sekarang, Megawati tentu mengalami banyak rintangan. Setelah perjuangannya, sekarang ia berada dalam tim voli Korea Selatan dan berhasil membuat tim voli tersebut bangkit dan membuat namanya sendiri melejit naik karena prestasi. Banyak Masyarakat Korea Selatan yang menyoroti Megawati karena mereka bangga terhadap permainan Megawati. Tak sedikit juga masyarakat Korea Selatan yang membuat postingan menyukai Megawati berada dalam Red Sparks. Saking viralnya Megawati di Korea, bahkan ia mendapatkan pesan penyemangat dari salah satu Idol K-Pop grup Seventeen, yaitu Seungkwan. Idol tersebut meninggalkan pesan “fighting” pada kolom komentar sosial media Megawati.

Baca Juga  Warga Aceh Besar Diajak Siap Siaga Hadapi Bencana

Hal yang dilakukan oleh Megawati membuat bangga Indonesia. Banyak juga atlet voli yang terinspirasi dan menjadi semangat karena Megawati. Tapi, melihat respon warga Indonesia sendiri, Megawati leih dibanggakan dan disorot di Korea Selatan. Dalam negeri Indonesia ini, sedikit sekali pemberitaan mengenai Megawati, padahal ia telah membuat nama Indonesia dikenal lebih baik lagi karena kegigihan dari atlet voli Indonesia, Megawati. Harusnya banyak lagi pemberitaan yang memuat mengenai Megawati Hangestri dan bisa disorot lebih lagi sehingga tidak hanya memotivasi atlet voli Indonesia saja, tetapi bisa sampai ke seluruh pemuda dan pemudi Indonesia.

Respon yang diberikan oleh warga Indonesia juga beragam, tidak sedikit juga yang berkomentar bangga terhadap Megawati. Dalam hal ini, yang seharusnya dilakukan adalah meningkatkan pendekatan patriotisme dalam mendukung atlet Indonesia dengan mengajarkan masyarakat untuk menghargai dan memberikan dukungan yang kuat terhadap atlet tanah air agar dapat membangun rasa kebanggaan nasional. Namun, dengan ditunjuknya Megawati hangestri sebagai duta olahraga Indonesia, sudah cukup mengapresiasi atlet yang berasal dari Jember tersebut atas pencapaian besar yang telah diraihnya.

Hijab yang dikenakan oleh Megawati dalam pertandingan juga banyak disoroti oleh masyarakat Korea. Banyak yang merasa kagum karena dalam pertandingan olahraga sekalipun ia tetap konsisten dengan menggunakan hijab, padahal menggunakan hijab dalam pertandingan olaharaga terlebih lagi di Korea membuat terasa lebih panas. Penggunaan hijab oleh Megawati ini adalah langkah positif yang harus diapresiasi. Ini menunjukkan bahwa dunia olahraga semakin terbuka terhadap keragaman budaya dan agama.

Megawati Hangestri memberikan banyak inspirasi, terutama ia memperlihatkan bahwa setiap individu memiliki hak untuk mempraktikkan keyakinan agamanya tanpa harus mengorbankan karir atau minatnya dalam olahraga. Keberanian Megawati Hangestri untuk mempertahankan identitas keagamannya dengan mengenakan hijab dapat menjadi inspirasi bagi atlet muda yang memiliki latar belakang serupa. Ini juga membantu menciptakan ruang bagi lebih banyak perempuan Muslim untuk berpartisipasi dan mengejar karir di dunia olahraga, yang sebelumnya mungkin dianggap sulit karena perbedaan budaya.

Baca Juga  KPK Geledah Rumah di Bekasi, Diduga Terkait Kasus Korupsi Kemenaker

Harapannya adalah agar Megawati terus menunjukkan dedikasi dan kerja kerasnya dalam dunia olahraga. Kedisiplinan dan semangat juangnya dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama generasi muda yang bermimpi untuk mencapai prestasi serupa. Selain itu juga semoga Megawati Hangestri dapat terus menjadi sumber inspirasi positif, khususnya bagi perempuan Indonesia dan atlet Muslim di seluruh dunia dengan mempertahankan identitas keagamanya, ia dapat menjadi teladan untuk memecahkan stereotip dan mempromosikan keberagaman.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *