Mahasiswa Universitas Perintis Indonesia Kembangkan Potensi Cengkeh sebagai Penawar Stres Oksidatif pada DM Tipe 2

Sumber: Dok. Pribadi

JurnalPost.com – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023 diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), dan antusiasme para mahasiswa terasa kuat. Salah satu tim yang turut berpartisipasi adalah Tim PKM 2023 dari Universitas Perintis Indonesia.

Tim ini dipimpin oleh Dian Anggraini dan terdiri dari anggota Nofi Maharani, Mia Dinda Anisa, Berry Prima Naza, serta Firzi Hakimi. Mereka memilih untuk mengkaji manfaat tanaman cengkeh sebagai cara untuk mengurangi stres oksidatif pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2.

Diabetes Melitus (DM), terutama tipe 2, merupakan masalah kesehatan yang signifikan. Manajemen DM tipe 2 melibatkan lima pilar utama: pola makan, olahraga, pemantauan metabolik, terapi farmakologi, dan edukasi.

Penderita DM tipe 2 seringkali menghadapi kerusakan hati dan stres oksidatif akibat hiperglikemia. Stres ini merusak komponen sel, menghasilkan senyawa malondialdehyde (MDA) sebagai penanda stres oksidatif.

Cengkeh, selain vitamin C dan E, menonjol sebagai sumber antioksidan. Penelitian oleh Pratama et al. (2019) menunjukkan ekstrak etanol bunga cengkeh mengandung senyawa tanin sebagai antioksidan potensial.

Selain sebagai antioksidan, cengkeh memiliki manfaat lain. Studi oleh Utami et al. (2019) menunjukkan senyawa euganol dalam cengkeh mampu memperbaiki sel B pankreas, meningkatkan sekresi insulin, dan menurunkan kadar gula darah.

Penelitian ini menjadi langkah berarti dalam menghadapi tantangan DM tipe 2. Potensi cengkeh dalam mengatasi stres oksidatif dan pengelolaan gula darah kritis bagi penderita sangat menjanjikan.

Dian Anggraini, ketua tim PKM, berharap hasil penelitian ini akan memotivasi lebih banyak penelitian sejenis yang mendorong pemahaman lebih dalam tentang manfaat cengkeh bagi penderita DM tipe 2.

Tim PKM ini mendapatkan apresiasi serta dukungan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk dedikasi mereka dalam penelitian yang relevan dengan masalah kesehatan masyarakat.

Baca Juga  Kolaborasi Penanaman Kelor Mahasiswa BBK 3 Unair bersama SD Almadany demi terwujudnya Solusi Pangan dan Kesehatan di Era Global

Para mahasiswa Universitas Perintis Indonesia ini membuktikan bahwa semangat riset dan pemahaman mendalam dapat membawa perubahan positif dalam upaya mengatasi penyakit serius seperti DM tipe 2.

Hasil penelitian mereka memberikan harapan baru bagi penderita DM tipe 2, membuka pintu untuk pengembangan terapi yang lebih efektif dan alami melalui pemanfaatan sumber daya alam seperti cengkeh.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *