Layanan Screening Kesehatan oleh PMM UMM Di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki

JurnalPost.com – Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Tanggulwelahan, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Tim PMM UMM Kelompok 101 Gelombang 3 melaksanakan kegiatan tersebut di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki dengan menggelar program screening kesehatan untuk anak-anak SD kelas 3.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat pedesaan, khususnya dalam hal kesehatan anak-anak. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Anggota tim PMM Kelompok 101 Gelombang 3 terdiri dari Hana Salsabila, Nadia Nandina Salsabila, Cecilia Vasandra, Azzahra Amelia Putri dan Viena Millatul Husna, yang berasal dari Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang dan dibimbing langsung oleh Bapak Luqman Dzul Hilmi, SE., MBA. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dalam program tersebut, tim mahasiswa yang terdiri dari jurusan kesehatan yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan UMM memberikan sosialisasi serta layanan screening kesehatan secara gratis kepada 23 anak SD kelas 3 di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki. Sosialisasi terkait screening kesehatan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2024, sedangkan pelaksanaan screening dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2024.

Screening kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan berbagai parameter kesehatan, termasuk tinggi badan, berat badan, tekanan darah, penglihatan, pendengaran, serta pemeriksaan gigi dan mulut juga pemberian vitamin C sebagai pencegahan penyakit dan pembiasaan hidup sehat.

“Kami sadar akan pentingnya kesehatan anak-anak dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan program ini, kami berharap dapat memberikan informasi yang berharga kepada guru dan orang tua mengenai kondisi kesehatan anak-anak mereka, serta memberikan layanan awal yang dapat membantu mendeteksi potensi masalah kesehatan yang mungkin ada,” ujar Penanggung Jawab Program Kerja, Azzahra Amelia Putri.

Baca Juga  Designer Ramadan Kareem FX Popup Store yang mencuri perhatian

Para orang tua pun menyambut baik kegiatan ini, karena mereka menyadari pentingnya peran preventif dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka. “Kami sangat bersyukur atas kehadiran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang memberikan layanan kesehatan gratis ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar anak-anak kami selalu sehat dan terawat dengan baik,” ujar salah seorang ibu dari anak yang mengikuti screening kesehatan.

Program ini juga mendapat dukungan penuh dari guru-guru di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki yang melihatnya sebagai upaya konkret dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekolah. “Kami berterima kasih atas inisiatif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa-siswi kelas 3 di sekolah kami. Semoga program seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh sekolah maupun masyarakat,” ujar Wali Kelas 3 SD Muhammadiyah Program Plus Besuki, Titik Irtavina, S.Pd.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) oleh Kelompok 101 Gelombang 3 dengan pelaksanaan screening kesehatan di SD Muhammadiyah Program Plus Besuki ini tidak hanya memberikan manfaat kesehatan langsung bagi anak-anak, tetapi juga membantu para mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang kondisi sosial dan kesehatan masyarakat pedesaan, serta meningkatkan rasa empati dan kesadaran sosial mereka. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan terutama bagi anak-anak SD yang sedang berada pada masa pertumbuhan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *