Kisah Perjalanan Alfrista Shaviera dalam Mengejar Impian

Oleh: Olga Maya Larasati Siregar

JurnalPost.com – Dalam gemuruh kehidupan perkuliahan, sering kali kita melihat individu yang menunjukkan keberanian dan keteguhan dalam menghadapi tantangan. Salah satu sosok yang muncul dari keheningan dan mengubah jalan hidupnya menjadi kisah inspiratif adalah Alfrista Shaviera, seorang pemuda yang mengetahui tujuannya dan mengejar mimpinya dengan gairah.
Alfrista Shaviera orang-orang memanggilnya Al. Lahir pada 3 April 2001 di Kota Bogor, Jawa Barat. Ia merupakan lulusan Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Komunikasi pada tahun 2022. Al mempunyai mimpi besar di hatinya sejak ia masih kecil. Alfrista lahir di keluarga yang selalu mendukung kegiatan yang dilakukan.

Sejak SMP ia sudah menjadi anak yang aktif dan terjun di dunia entertain dan mendapat proyek yang cukup besar di masa SMA-nya menjadi pemain sinetron “Siapa Takut Jatuh Cinta”. Akan tetapi, dibalik kesibukannya di dunia entertain, ia seseorang yang sangat menyukai proses belajar. Kelas 2 SMA adalah momen dimana Alfrista terpilih untuk menjadi peserta OSN (Olimpiade Sains Nasional) Kebumian.

Ibu Alfrista selalu mempercayai anaknya untuk memilih hal-hal yang baik untuk kedepannya. Sebelum memasuki perkuliahan, Al dihadapkan 2 pilihan, antara melanjutkan pendidikannya di IPB University atau melanjutkan karirnya sebagai pemain sinetron. Akan tetapi, Alfrista memilih untuk fokus pada pendidikan terlebih dahulu karena ia menyukai dunia pendidikan dan sadar kalau kesempatan berkuliah tidak datang kedua kali.

Keaktifan seorang Alfrista semakin bertambah saat di dunia perkuliahan. Ia dikelilingi oleh teman-teman yang juga mempunyai cita-cita yang tinggi dan ambisius, membuat ia terdorong untuk ikut meraih tujuannya. Dunia perkuliahan Alfrista tidak ia lewatkan begitu saja. Banyak pengalaman yang menakjubkan di masa kuliahnya, seperti :

1. Putri Tani IPB 2019
2. Best Favorite of Icomotion (Icon of Communication)
3. AIESEC IPB External Relations Team
4. Emina Girl Gang Ambassador Batch 4 2020
5. Awardee of KSE Wardah Scholarship Program 2020-2022
6. Awardee of Student Exchange Bachelor Degree Program at Tarlac Agriculture University Philippines 2021
7. Sering menjadi MC di berbagai event kampus
8. Duta Digital BNI
9. Social Media Specialist Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
10. Duta IPB Batch 7

Baca Juga  5 tempat ngumpul terbaik Palu terbaru

Dibalik kesibukannya, ia tidak melupakan tanggung jawabnya menjadi mahasiswa. Ia tetap mengikuti perkuliahan dengan disiplin. Alfrista selalu membuat jadwal setiap minggu. Ketika ada jam kosong, ia selalu memanfaatkan untuk berkegiatan atau mengerjakan tugas kuliah.

Menjadi seorang Duta IPB awal dari Alfrista semakin dikenal masyarakat luas. Bukan hal yang mudah untuk menjadi duta. Banyak proses seleksi yang ia lewati. Duta IPB merupakan wadah yang bertujuan untuk branding IPB University melalui promosi digital khususnya di Instagram, Tiktok, Youtube, serta menjaga citra IPB di berbagai kesempatan. Tahun 2021 adalah tahun rollercoaster untuk Alfrista, butuh 5 bulan penuh perjuangan untuk bisa bergabung dengan tim tersebut. Alfrista dan para duta membangun program-program terbaru dan segar untuk berbagi tentang kampus hijau kami, bertemu dengan semua kolega, mitra kampus, dan segala aktivitas menyenangkan sebagai mahasiswa IPB University. Alfrista mendapat banyak pengalaman dalam berbicara di depan umum, komunikasi, kerja tim, event organizer, soft skill dan hard skill, dll.

Momen paling berkesan bagi seorang Alfrista adalah berkesempatan menjadi MC di acara “Diskusi Panel : Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan oleh Institut Kajian Strategis Universitas Kebangsaan Republik Indonesia di Hotel Bidakara Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh banyak tokoh hebat, seperti Pak Prabowo Subianto, Pak Hashim Djojohadikusumo, para menteri dan pejabat, para dosen/guru besar IPB University, dan para speaker hebat.

Ada momen yang unik sebelum acara tersebut. Alfrista dihubungi oleh pihak penyelenggara di jam 12 malam tepat 2 hari sebelum acara diselenggarakan. Di malam itu ia hanya melihat apakah jam acara tersebut bersamaan dengan flightnya ke Bengaluru, India untuk G20. Ia berani dan mengambil kesempatan tersebut. Walaupun sudah melewati banyak pengalaman menjadi MC, momen tersebut tetap menjadi momen tergugup disepanjang pengalamannya. Di detik-detik acara dimulai, ia berkesempatan untuk bertemu dan berjabat tangan dengan Pak Prabowo Subianto di VIP Room. “Makasi ya mba, Semangat ya mba” merupakan kalimat yang diucapkan Pak Prabowo kepada Alfrista. Kalimat tersebut menjadi dorongan untuk Alfrista untuk melakukan yang terbaik saat menjadi MC. Setelah ia menyelesaikan tugasnya menjadi MC, ia bertemu Pak Hashim Adik dari Pak Prabowo. “Keren kamu mba, terima kasih sudah mau membantu acara kita” ucap Pak Hashim mengapresiasi dan menghargai Alfrista. Setelah itu, ia melanjutkan penerbangan di jam 4 subuh ke India.

Baca Juga  Lovise: Membawa Esensi Minimalisme ke Hidup Anda Melalui Sofa Berkualitas

Alfrista Shaviera seorang yang berani untuk mengambil segala keputusan dan kesempatan yang ada. Ia tidak bergerak sendiri, banyak orang yang membantu dan mendukung setiap langkah Alfrista. Al sadar bahwa ia menyukai public speaking, maka dari itu ia selalu belajar dan mengambil pengalaman di bidang public speaking.

Dibalik banyak pencapaiannya, Alfrista telah menghadapi berbagai tantangan yang mendorongnya untuk tumbuh dan berkembang. Meskipun dihadapkan pada kegagalan dan rintangan, dia tidak pernah menyerah pada mimpinya. Sebaliknya, setiap kegagalan adalah bahan bakar bagi semangatnya yang tak tergoyahkan untuk meraih keberhasilan. Momen kegagalan yang pernah ia lewati ketika ia ditolak untuk magang. Ia tetap berusaha untuk mencapai goals-nya, yaitu magang di Kementerian. Setelah mencoba 3x ia akhirnya lolos untuk magang di Kementerian Sekretariat Negara RI di divisi Humas.

Saat magang ia membangun dan memulai kampanye & produksi konten baru untuk Reel Instagram yang disebut “Setneg Real” di Instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara @kemensetneg.ri, mencapai target dengan meningkatkan 15K pengikut organik dari 560K menjadi 575K pengikut dalam 4 bulan di IG resmi @kemensetneg.ri, memublikasikan artikel pada website resmi Kementerian Sekretariat Negara yang pada Opsi “Berita Kemensetneg” di setneg.go.id, dan moderator Setneg X Bootcamp Hari 1 bersama Co-Founder DailySocial.id 2022.

Meskipun Alfrista Shaviera telah mencapai banyak hal dalam hidupnya, dia tidak pernah berhenti bermimpi dan berusaha untuk mencapai lebih dari yang telah dicapai. Ia percaya bahwa hidup adalah tentang selalu bergerak maju, menghadapi setiap tantangan dengan kepala tegak dan hati penuh antusiasme.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *