Kendaraan Operasional ASN di DKI Akan Diganti dengan Kendaraan Listrik

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara bertahap mengganti kendaraan dinas operasional (KDO) jajaran ASN menggunakan kendaraan listrik. Langkah ini sekaligus untuk menangani polusi udara.
 
Salah satunya yang sudah berjalan adalah KDO di Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyaksikan langsung penyerahan aset KDO dari Badan Penyedia Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) ke Dishub DKI.
 
Total ada 186 unit KDO roda dua bertenaga listrik yang diserahkan kepada Dishub DKI hari ini. Seluruh KDO ini akan menjadi motor patroli bagi para petugas Dishub di seluruh wilayah Ibukota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hari ini saya menyaksikan penyerahan 186 motor bertenaga baterai. Konten lokalnya 53,37 persen untuk motor. Jadi semua memenuhi syarat sesuai perintah Bapak Presiden, konten lokal yang diutamakan,” kata Heru di Kantor Dishub DKI, Jl Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Agustus 2023.
 
Heru menuturkan, penggantian KDO berbahan bakar fosil ke tenaga listrik merupakan amanat pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden No 7/2022.
 
“Untuk pemerintah dan pemda mengadakan kendaraan yang berbasis baterai. Hari ini secara bertahap pemda lakukan itu. termasuk membantu mengurangi emisi gas buang secara bertahap,” jelasnya.
 

 
Ia berharap dengan dimulainya program pengalihan kendaraan berbahan bakar fosil dari Pemprov DKI, warga akan melihat dan pelan-pelan mengikuti untuk beralih ke kendaraan listrik baik roda empat maupun roda dua.
 
Sebanyak 186 unit motor bertenaga listrik itu dibeli dengan total harga Rp7 miliar. Pemprov DKI pun akan kembali menambah KDO roda dua bertenaga listrik hingga sebanyak 800 unit.
 
KDP roda dua itu sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan standar KDO petugas Dishub seperti bercat putih dan biru, memiliki lampu sirine dan pengeras suara. “Aksesoris semuanya komplit,” imbuhnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(END)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pemilu yang Jurdil | Jurnalpost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *