Kelompok PMM UMM Melakukan Kegiatan Greenovation dan Kreativitas di SDN 1 TAMANSARI

JurnalPost.com – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau yang sering disingkat dengan PMM adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi dari hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Greenovation adalah satu bentuk dari inovasi yang pusatnya pada solusi ramah lingkungan. Pada saat sekarang kita harus memprioritaskan adanya solusi yangn berkelanjutan untuk mengurangi dampak negatif di lingkungan sekitar. Kegiatan PMM di SDN 1 TAMANSARI menerapkan konsep Greenovation agar dapat memberikan contoh bagaimana agar inovasi dan beberapa tindakan yang kita lakukan sangat berpengaruh pada lingkungan sekitar.

Program greenovation serta pengembangan kreativitas anak anak di SDN 1 TAMANSARI tidak hanya mempunyai manfaat dalam jangka yang pendek tetapi juga berdampak positif di jangka panjang. Anak anak diajarkan tidak hanya bagaimana pentingnya menjaga lingkungan tetapi juga diajarkan mengembangkan kreativitas juga berpikir kritis.

Tidak hanya mengajarkan greenovation, anggota juga mengajarkan bagaimana pengelolaan sampah yang baik, mengurangi konsumsi plastik, serta praktik daur ulang. Kelompok 6 juga mengajarkan anak anak di desa Tamansari bagaimana cara mengelola sampah untuk jadi sebuah seni contohnya membuat pot bunga yang dilukis menggunakan cat air agar menjadi pot yang bahannya dari botol bekas serta galon bekas dan membuat berbagai macam hiasan dinding dari kertas. Hal ini adalah implementasi dari program greenovation yang telah dilakukan dengan tindakan yang sederhana tetapi memberikan dampak yang begitu positif terhadap lingkungan sekitanya.

Oleh karena itu, adanya kegiatan ini merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan bisa berkontribusi di masyarakat juga lingkungan, melalui kolaborasi dengan anak-anak kelas 4 SDN 1 TAMANSARI dan anggota pmm menciptakan kegiatan peduli lingkungan yangn inovatif dan kreatif juga dapat menginsipirasi kepada lingkungan sekitar. Dengan melibatkan masyarakat dalam perubahan yang posistif.

Baca Juga  Musibah Kebakaran di Desa Parenreng Segeri, Mengundang Simpati dari PT Semen Tonasa

“Semoga generasi kedepannya dapat memperhatikan lingkungan sekitar dan menciptakan kegiatan kreativitas yang bertema lingkungan” ucap kiki yang merupakan koordinator dari kegiatan PMM gelombang 3 kelompok 6

PMM Bhaktiku Negeri dari Univeristas Muhammadiyah Malang kelaompok 6 gelombang 3 diampu oleh dosen pembimbing lapangan Winda Hardayanti, S.Sos, M.Si. dengan anggota yang bernama Nur Rizqiah dari prodi Hubungan Internasional, Nur Faras Radya Ismaya dari prodi Kehutanan, Zain Muthi Rofifah dari prodi PGSD dan Widya Akbar S. dari prodi Hubungan Internasional.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *