Jokowi: Rp660,8 Triliun dari RAPBN 2024 untuk Fungsi Pendidikan

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 bakal diarahkan untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Salah satu strategi jangka menengahnya ialah mewujudkan sumber daya manusia unggul melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan.
 
“Untuk mewujudkan SDM unggul, inovatif, berintegritas, dan berdaya saing, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp660,8 triliun atau 20 persen APBN,” kata Jokowi saat menyampaikan Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Agustus 2023.  
 
Dana tersebut nantinya akan dialirkan melalui pemerintah pusat hingga transfer ke daerah. Jokowi memerinci alokasi dana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tercermin dari alokasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp237,3 triliun, transfer ke daerah Rp346,6 triliun, dan pembiayaan investasi Rp77,0 triliun,” papar dia.
 
Jokowi menegaskan dana tersebut harus mampu menunjang bonus demografi di 2045. Hal itu agar SDM yang dibangun melalui pendidikan menunjukkan hasil yang baik.
 
“Kita harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Tidak boleh kita kendur agar sumber daya manusia kita produktif, inovatif, berdaya saing global, berintegritas, berakhlak mulia, dengan tetap menjaga jati diri budaya bangsa,” tegas dia.
 

 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Mahasiswa USM Menggelar Pelatihan Jurnalistik Digital untuk Siswa SMA Institut Indonesia Semarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *