Ammar Nabhan Ayala: Bakat Vokalis yang Tidak Disadari

sumber instagram @ammarrnbhn

JurnalPost.com – Ammar Nabhan Ayala adalah salah satu penyanyi yang sedang berkembang, dan saat ini mulai dikenal oleh banyak orang. Perjalanan hidupnya yang panjang untuk menjadi penyanyi yang bisa dikenal oleh banyak orang akan dituangkan ke dalam biografi yang lengkap mengenai perjalanan dirinya ini. Ammar Nabhan Ayala lahir di Kota Cirebon pada tanggal 11 Maret 2004, Ia memulai karir bernyanyinya pada saat di kelas 5 di Sekolah Dasar dan mengikuti qosidah sebagai pemegang tamborin. Setiap vokalis tidak ada atau berhalangan hadir pada saat latihan, disitu Ia mencoba bernyanyi sendiri menggantikan vokalis yang berhalangan hadir. Sayangnya Ia tidak pernah dipakai untuk menjadi vokalis oleh gurunya yang membuat Ia sedikit bersedih.

Singkat cerita, Ammar akhirnya diberikan kesempatan oleh wali kelasnya karena wali kelasnya ini melihat potensi dalam dirinya dan akhirnya Ia diberikan rekomendasi untuk mengikuti lomba menyanyikan lagu daerah mewakili sekolahnya. Ternyata di lomba itu Ia mendapatkan juara pertama di tingkat kota, padahal itu adalah pertama kalinya Ia mengikuti lomba dan langsung mendapatkan peringkat ke pertama. Ia sangat senang karena bahwa akhirnya memiliki harapan di industri musik ini, dan setelah itu dirinya terus berlatih dan bernyanyi mengikuti berbagai lomba dari SD, SMP, SMA hingga sekarang Ia kuliah pun tetap berlatih dan mengikuti berbagai lomba.

Prestasi yang Sudah Didapatkan
Ammar memiliki beberapa pencapaian yang besar dalam industri musik ini, contohnya seperti pada saat Sekolah Dasar Ia pernah mengikuti The Voice Kids yang dimana Ia sudah berhasil mencapai tahap wawancara juri lokal untuk pergi ke Jakarta tetapi sayangnya Ia gagal pada tahap ini. Beranjak dari situ pada saat di Sekolah Menengah Akhir Ia mengikuti lomba suara vokal putra di FLS2N dan mendapatkan juara 2. Menurutnya pencapaian pada FLS2N ini adalah pencapaian yang paling dibanggakan dan pencapaian terbesarnya. Tidak berhenti sampai disitu di perkuliahan juga kuliah Ia mendapatkan banyak prestasi seperti, Juara 2 Jingle Band MPKMB SV IPB 2022, Juara 3 Cover Song Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta 2022, Juara 3 Solo Vokal Putra Pesta Daring UNJ 2023, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  MEMBANGUN MASYARAKAT BELAJAR | Jurnalpost

Penyanyi yang Menjadi Inspirasi
Ammar memiliki tiga penyanyi yang menjadi inspirasi atau motivasinya untuk bernyanyi, mereka adalah Afgan, Judika, dan Andmesh. Alasan mereka menjadi inspirasi atau motivasinya untuk bernyanyi karena menurutnya mereka itu memiliki karakter atau
warna suara khas yang berbeda-beda. Dimulai dari Afgan yang dominan suara soft, selanjutnya itu Judika dengan suara tinggi nya, dan yang terakhir Andmesh dengan suara yang tinggi dan soft juga. Belajar dari mereka Ia bisa lebih meningkatkan semangat dan memotivasinya untuk terus mendalami karirnya di dunia musik ini dan terus belajar bernyanyi. Ammar sudah membuat 4 lagu dan salah satunya yaitu lagu yang berjudul “Khayalan” yang akan dirilis pada bulan Februari tahun 2024 ini, pada saat ini lagu miliknya yang berada di tahap perilisan ke beberapa digital platform.

Segala Hambatan Saat Ingin Bernyanyi
Pastinya semua orang memiliki beberapa hambatan untuk mengejar mimpinya. Ammar juga memiliki beberapa hambatan yang dihadapi dalam prosesnya untuk menjadi penyanyi yang hebat. Pada saat Ammar kecil vokal suara yang Ia miliki masih tinggi dan masih lebar dibandingkan sekarang Ia range vokal suara yang nya lebih sedikit. Tidak sampai disitu, mulai banyak juga warna vokal atau karakter suara yang unik. Hal ini membuatnya sulit untuk konsisten dan ini adalah salah satu hal yang menyebabkan Ammar sulit untuk berkembang dalam industri musik ini. Salah satu hambatan yang paling mengganggunya adalah pelafalan lagu berbahasa inggris. Tetapi dengan segala hambatan ini Ammar tetap berlatih bernyanyi dan belajar untuk terus berkembang agar kedepannya Ia bisa menjadi penyanyi yang hebat dan namanya bisa dikenal dimana-mana.

Tips dan Kebiasaan Sebelum Bernyanyi
Ammar memiliki beberapa kebiasaan atau persiapan sebelum bernyanyi. Ia selalu meminum banyak air putih, memakan permen jahe, mint dan degirol yaitu obat yang bentuknya seperti donat yang menurutnya itu bisa membuka suaranya. Ketika Ia sedang ada lomba yang ingin Ia ikuti, Ia memiliki kebiasaan atau treatment khusus untuk memelihara suara/tenggorokannya yaitu meminum air embun, Ia mendapatkan ilmu ini dari pelatihnya pada saat karantina di masa SMA, ini dilakukan pada saat Ia akan mengikuti lomba FLS2N. Ia selama seminggu meminum air embun yang sudah dikumpulkan dari jam 12 malam dan diminum setiap jam 5 pagi. Menurutnya cara ini terbukti sangat efektif karena dirinya masih menerapkan tips ini sampai saat ini. Ia juga menambahkan kalau setiap ingin bernyanyi itu kita tidak boleh mengeluarkan suara yang tidak jelas atau tidak perlu, salah satu contoh yang tidak boleh dilakukan itu adalah teriak-teriak, karena ini bisa merusak tenggorokan dan suara yang kita hasilkan. Kalau memang dibutuhkan untuk warming up, Ia biasanya melakukan humming atau bersenandung saja.

Baca Juga  Memperkaya Pengalaman Mengajar dengan Metode Tilawati di Lembaga Pendidikan al-Qur'an Wardatul Ishlah Malang

Penulis: Febrian Widi Purnama, Mahasiswa IPB University

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *