Adakan Program Gabungan, Tim KKN 106 UNS Berikan Pelatihan Pembuatan Lilin Aroma Terapi ke PEKKA Kelurahan Jebres

Surakarta, JurnalPost.com – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 106 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama ibu-ibu yang tergabung dalam Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kelurahan Jebres sukses melaksanakan kegiatan pelatihan lilin aroma terapi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Februari 2024 bertempat di Pendhapi Kelurahan Jebres. Pelatihan lilin aroma terapi merupakan salah satu program kerja Tim KKN 106 UNS yang bermitra dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Surakarta.

Pemberdayaan Perempuan menjadi tema dari program kerja tersebut. Tujuan kegiatan ini sendiri untuk memberikan edukasi kewirausahaan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga agar menjadi produk yang bernilai ekonomis. Limbah rumah tangga yang digunakan dalam pembuatan lilin aroma terapi ini adalah minyak jelantah. Selain menggunakan minyak jelantah, digunakan pula minyak atsiri sebagai bahan tambah aromatik. Kegiatan ini juga turut mengundang Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si sebagai pengisi materi.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB setelah ibu-ibu peserta melakukan registrasi. Registrasi dilakukan dengan mengisi lembar presensi dan lembar pre-test mengenai materi yang akan disampaikan. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si menyampaikan materi pengenalan lilin aroma terapi dari minyak jelantah dan minyak atsiri. Dalam penyampaiannya, Ibu Arin (panggilan sehari-hari) mengatakan bahwa pemilihan minyak jelantah sebagai bahan dasar lilin aroma terapi dikarenakan minyak tersebut merupakan limbah rumah tangga yang ada di hampir setiap rumah. Sehingga dalam praktiknya nanti ibu-ibu tidak kesusahan mencari bahan tersebut.

Pada sesi kedua dilaksanakan praktik pembuatan lilin aroma terapi oleh Tim KKN 106 UNS dipandu koordinator pelatihan, Setiana Handayani. Ibu-ibu peserta sangat antusias pada sesi ini, dikarenakan setelah mendengarkan materi mereka bisa praktik secara langsung. Praktik pertama dimulai dengan pemurnian minyak jelantah menggunakan tepung kanji. Setiana Handayani menyampaikan bahwa pemurnian ini dilakukan agar aroma tengik dari minyak dapat dihilangkan. Bau tengik ini perlu dihilangkan agar tidak mempengaruhi aroma lilin yang akan dibuat nantinya.

Baca Juga  98 Advokat Gugat Syarat Usia ke MK, Minta Maksimal Capres-Cawapres 70 Tahun

Setelah itu baru dilanjut dengan praktik pembuatan lilin aroma terapi. Secara bergantian ibu-ibu peserta melaksanakan praktik dengan alat dan bahan yang sudah disediakan oleh Tim KKN 106 UNS. Dalam pelatihan ini disediakan tiga jenis lilin aroma terapi. Perbedaan dari ketiga jenis lilin aroma terapi ini terletak pada campuran minyak atsiri yang digunakan. Srikandi Rose yang berasal dari minyak atsiri bunga mawar, Srikandi Lavender yang berasal dari minyak atsiri bunga lavender, dan Srikandi Jasmine yang berasal dari minyak atsiri bunga melati. Tidak berhenti sampai situ saja, diberikan pula tips and triks dalam melakukan packaging dan labeling yang menarik.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan pada siang hari ini, kepada Tim KKN 106 UNS kami ucapkan terima kasih atas ilmu yang sudah diberikan kepada ibu-ibu PEKKA. Apresiasi juga kepada ibu-ibu PEKKA yang selalu antusias ketika diberikan pelatihan-pelatihan seperti ini. Semoga ilmu yang disampaikan adik-adik mahasiswa bisa diterapkan ibu-ibu di rumah dan harapannya dapat bermanfaat, lebih-lebih bisa menambah dari segi ekonomi.” ungkap Ibu Lurah Jebres, Renyta Ine Wijaya,S.E., M.Si ketika menutup acara.

Selaras dengan Ibu Lurah, salah satu anggota PEKKA Kelurahan Jebres, Ibu Sari juga mengungkapkan apresiasi dan terima kasih atas kegiatan pelatihan pembuatan lilin aroma terapi. Ibu sari menambahkan pula bahwa PEKKA Kelurahan Jebres selalu terbuka dan sangat senang apabila bisa dilibatkan kembali pada pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan UNS berikutnya. Akhir kata Tim KKN 106 UNS mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan yang diberikan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada khalayak banyak, utamanya pada ibu-ibu PEKKA Kelurahan Jebres.

Penulis: Tim KKN 106 UNS

Baca Juga  Meriahkan Bulan K3, Kejuaraan Badminton Tingkat Sulsel Dipusatkan di Gedung Olahraga PT Semen Tonasa

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *