20 Mobil Damkar ikuti konvoi, Buka LATGAB, Fire Rescue Challenge dan FGD di PPSDM MIGAS

JurnalPost.com – PPSDM Migas menggelar Latihan Gabungan, Fire Rescue Challenge, dan Focus Group Discussion dalam rangka HUT PPSDM Migas yang ke-58 dengan Konvoi Mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) mengelilingi Kota Cepu. Acara ini dibuka oleh Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto pada hari Rabu, 10 Januari 2024.

Dalam sambutannya Kepala PPSDM Migas berpesan agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran tanggap darurat terlebih untuk wilayah Cepu dan sekitarnya.

“Di sekitar kota Cepu ini ada beberapa objek vital nasional, untuk itu kami mengharapkan agar terjalin kerja sama untuk penanggulangan tim tanggap darurat tim yang solid yang terdiri dari gabungan regu tanggap darurat yang ada di sekitar wilayah terdampak,” terangnya ketika memberikan sambutan di acara pemberangkatan konvoi damkar pada Rabu (10/01/24).

Acara ini dihadiri oleh 20 BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Damkar seperti Damkar Petrokimia Gresik, BPBD Tuban, Damkar Tuban, BPBD Bojonegoro, Damkar Bojonegoro, PHE Sukowati Field, Damkar Rembang, Damkar Kudus, Damkar Grobogan, Damkar Kota Semarang, Damkar Magelang, Damkar Magetan, Damkar Kota Madiun, Damkar Kabupaten Madiun, Damkar Nganjuk, Damkar Ngawi, Damkar Blora, BPBD Blora, Damkar PEPC dan BPBD Grobogan.

Ia berpesan agar kerja sama antar Damkar dan BPBD di daerah – daerah sekitar wilayah Cepu dan sekitarnya dapat lebih erat lagi.

“Kami mengharapkan dengan kegiatan ini dapat mempererat networking sesama instansi terkait, dan juga nantinya akan ada Focus Group Disucssion (FGD) untuk update regulasi dan perundangan terkini tentang penanggulangan kondisi tanggap darurat,” tegasnya.

Setelah acara konvoi berlangsung, kegiatan selanjutnya adalah gelaran FGD dengan tema “Safety Culture Sebagai Wujud Transformasi Siaga Bencana” dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Teknik dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas), Kementerian ESDM, Fentarie Gumilang dan dari Kantor SAR Semarang, Badan SAR Nasional, Whisnu Yugo Utomo.

Baca Juga  Mental Diri di Lingkungan Pendidikan

Lalu, rangkaian acara dilanjutkan dengan Fire Fighting Rescue Challenge di Halaman Pemadam Kebakaran PPSDM Migas.

Kegiatan ini diikuti oleh 11 peserta meliputi Damkar Sukowati, Damkar Bojonegoro, Damkar PEPC, Damkar Petrokimia, Damkar Blora II, Damkar Kudus, Damkar Blora I, Damkar Grobogan, BPBD Bojonegoro dan BPBD Tuban.

Challenge ini dimulai dengan penyelamatan korban terluka di lantai 2 (dua) di dalam confined space dengan menerapkan praktik penyelamatan di ruang terbatas dan working at height atau bekerja di ketinggian.

Berikut adalah tim terbaik pada Fire Fighting Combat Challenge yaitu Tim Tersemangat diraih oleh Damkar kota semarang, Tim Termotivasi diraih oleh BPBD Grobogan, Tim Terfavorit diraih oleh Damkar Kudus dan Tim Tervariatif diraih oleh Damkar Kota Madiun. Sedangkan untuk tim terbaik ke-3 pada Fire Fighting Combat Challenge adalah PT Pertamina EP Field Cepu, Tim terbaik ke-2 adalah PT Petrokimia Gresik dan Tim terbaik 1 diraih oleh PT Pertamina EP Field Sukowati.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *